Tingkatkan Keimanan, SD Muhammadiyah Bligo 01 Gelar Pesantren Ramadhan

by

BUARAN – SD Muhammadiyah Bligo 01 menggelar pesantren ramadhan mulai tanggal 26-29 April 2021. Kegiatan pesantren ramadhan ini diikuti oleh 3 kelas yakni kelas 4, 5 dan 6.

“Untuk hari pertama dan kedua pesantren ramadhan diikuti oleh kelas 4, hari ketiga dan keempat diikuti oleh kelas 5 dan kegiatan bagi takjil dan tarawih bersama diikuti oleh kelas 6,” terang Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bligo 01 Muslimin, Kamis malam (29/4/2021).

Kelas 4 dan 5 mendapatkan kegiatan pesantren ramadhan yang dimulai pukul 8-11 pagi.

Muslimin menyampaikan bahwa kegiatan ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan di bulan suci ramadhan serta melatih dan memberikan pengetahuan kepada anak didik tentang keagamaan.

“Walaupun pelajaran keagamaan sudah diajarkan di sekolah, tetapi ini ada tambahan lagi sehingga diharapkan bisa meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan pengetahuan agama untuk anak didik,” ujarnya.

Kegiatan Ramadhan sendiri diawali dengan sholat dhuha, tadarus Al-quran bersama kemudian menyampaikan materi tentang akhlaq, sejarah islam dan materi lainnya yang berkaitan dengan keagaamaan islam.

“Harapannya, semoga anak didik bisa meningkatkan lagi pengetahuan keagamaan, meningkatkan lagi ibadahnya serta lebih bisa menghargai dan memanfaatkan waktu selama bulan ramadhan,” harapnya.

Sementara itu, Siswa kelas 6 Ariel mengaku sangat senang dan antusias dalam melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan ini.

“Senang sekali bisa ikut kegiatan pesantren ramadhan, khususnya yang bagi takjil karena bisa berbagi dan membantu sesama walaupun awalnya sempet malu juga karena baru pertama kali melakukan kegiatan bagi takjil,” ucapnya.

Ariel juga merasa dengan adanya kegiatan pesantren ramadhan ini bisa meningkatkan ibadahnya. “Alhamdulillah selama bulan puasa ini saya belum pernah bolong dalam puasa. Semoga bisa sampai penuh 1 bulan. Dan terima kasih kepada bapak ibu guru yang selalu membimbing saya,” tandasnya.