Tradisi Terbangkan Balon Udara Dilarang

by
RAKOR - Polres Pekalongan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan idul fitri 1442 H/2021 di wilayah Kabupaten Pekalongan di Aula Lt 1 Setda, Kamis (29/04/2021).

**Hasil Rakor Lintas Sektoral

KAJEN – Polres Pekalongan, Kamis (29/04/2021) menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan idul fitri 1442 H/2021 di wilayah Kabupaten Pekalongan. Dalam rakor disepakati paska lebaran meniadakan tradisi syawalan menerbangkan balon uadara karena membahayakan penerbangan atau angkutan darat serta laut. Rakor dipimpin langsung oleh Kapolres Pekalongan AKBP Darno.

Kegiatan dihadiri Polres bersama Polsek Jajaran, Forkopimda OPD, Camat se Kabupaten Pekalongan dan lembaga terkait. Rakor dimulai pukul 08.00 wib secara daring bersama Polda Jateng dan Pemprov Jateng untuk menyamakan persepsi karena lebaran 1442 Hijriyah masih dalam pandemi COVID-19. Paparan dilakukan Polda Jateng dan Pemprov Jateng mengenai kesiapan lebaran 1442 Hijriyah.

Diantaranya dari Dinas Perhubungan, Pariwisata, Perdagangan, Satpol PP, Pengelola Jalan Tol. Selain bakal dilakukan penyekatan, paska lebaran untuk ditiadakan tradisi syawalan yang berimbas membahayakan penerbangan atau angkutan darat serta laut.

Sebab, meski ada larangan mudik, sejumlah warga perantau luar kota saat ini tetap pada mudik.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno menyampaikan, dalam bertindak pengamanan idul Fitri 1442 Hijriyah, tentunya nanti semua bisa menyesuaikan untuk bisa kolaborasi ataupun bekerja bersama-sama dengan pemerintah Desa bahkan RT ataupun RW.