Lindungi Pekerja Proyek dengan Jamsostek

by
PENJELASAN - Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Batang, Bambang Indriyanto tengah menjelaskan terkait implementasi Inpres No 2 Tahun 2021, di ruang Curug Genting Pemkab Batang, kemarin.

*BPJamsostek Dorong OPD Implementasikan Inpres No 2/2021

BATANG – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Cabang Batang mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Batang untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

“Khususnya OPD yang memiliki proyek pekerjaan fisik, wajib mensyaratkan kepada pemenang proyek atau kontraktor untuk mendaftarkan perusahaan serta pekerjanya ke jaminan sosial BPJAMSOSTEK,” ujar Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Batang, Bambang Indriyanto, dalam kegiatan rapat implementasi BPJS Ketenagakerjaan pada pekerjaan konstruksi di Kabupaten Batang, Rabu (29/4/2021).

Bambang berharap seluruh OPD bisa bekerja sama dengan BPJamsostek untuk mendaftarkan seluruh proyek yang dikerjakan rekanan. “Tujuannya agar seluruh pekerja bisa terlindungi jaminan sosial dan aman dalam bekerja,” katanya.

Menurut Bambang, jaminan sosial merupakan hak dari pekerja, apalagi pekerja konstruksi yang memiliki risiko kerja tinggi. Oleh sebab itu, seluruh pekerja yang mengerjakan proyek pemerintah harus terdaftar ke jaminan sosial guna mengurangi risiko. “Kami berharap rekanan patuh dengan aturan dan memberikan hak pekerja akan jaminan sosial,” ujarnya.

Menurut Bambang, selama ini banyak rekanan mendaftarkan proyek yang dikerjakan pada sesi akhir pekerjaan atau setelah pekerjaan selesai. Sehingga mereka tidak bisa merasakan manfaat apabila terjadi risiko kecelakaan kerja maupun kematian di dalam proses pekerjaan tersebut.