Kejar Target, Vaksinasi Lansia Terus Dikebut

by
CAPAI TARGET - Vaksinasi Covid-19 bagi lansia terus dikebut oleh Pemerintah Kabupaten Kendal agar target rampung di Juli, mendatang.

*Pemerintah Desa Sampai Jemput Bola

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal terus mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia guna mengejar target penyelesaian di bulan Juli mendatang. Terlebih, sebelumnya realisasi vaksinasi untuk kelompok risiko tinggi ini tercatat masih rendah.

Selama Ramadan ini, vaksinasi lansia dilakukan di malam hari usai ibadah salat tarawih. Seperti yang berlangsung di Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung pada Rabu (28/4/2021) malam. Dengan penuh antusia, warga lansia datang meski harus dituntun atau menggunakan tongkat saat berjalan.

Kepala Desa Kadilangu, Ida Fitriana mengatakan, kesadaran dari masyarakat khususnya lansia tinggi untuk mendapatkan vaksin, agar sehat dan mempunyai kekebalan tubuh. “Warga lansia yang mau divaksin cukup tinggi, dengan harapan sehat dan kekebalan tubuh (imunitas) bertambah,” katanya.

Pihak desa juga selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan turun ke bawah menjemput lansia agar datang ke lokasi pemberian vaksin. “Kita juga terus lakukan sosialisasi dan turun langsung ke bawah untuk memberikan pemahaman kepada warga,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Kangkung, Ardi Prasetya menjelaskan, untuk pelaksanaan vaksinasi di Desa Kadilangu diikuti 140 lansia, dan sudah mendapatkan vaksin kedua. “Yang paling tua, lansia berumur 85 tahun dan tidak merasakan sakit saat disuntik,” katanya.

Pemberian vaksin bagi lansia ini tetap mengedepankan protokol kesehatan dan pemeriksaan dilakukan sebelum pelaksanaan agar lansia tidak mengalami efek dari vaksin. Mereka yang mengeluh sesak nafas ataupun kondisi tubuhnya kurang sehat, tidak mendapatkan vaksin dan akan dilakukan menunggu kondisinya pulih. (lid)