Realisasi Vaksinasi Pelayan Publik-Lansia Baru 20%

by
MASIH RENDAH - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik dan warga lanjut usia di Kabupaten Kendal baru mencapai 28.669 orang dari target 139.154.

KENDAL – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik dan warga lanjut usia di Kabupaten Kendal sudah mencapai 28.669 orang. Capaian itu baru mencakup 20 persen dari total sasaran pada program vaksinasi tahap kedua.

“Target untuk vaksin pelayan publik dan orang lanjut usia 139.154 orang di Kabupaten Kendal. Rinciannya, 13.140 lansia atau 16 persen dari total lansia 77.367 yang sudah divaksin. Petugas pelayan publik baru 11.000 orang yang sudah divaksin dari total 58.279 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Kendal, Ferinando RAD Bonay, Selasa (27/4/2021).

Ferinando mengungkapkan, semua alokasi vaksin yang sudah diterima dari provinsi sudah dikirim ke semua Puskesmas untuk percepatan vaksinasi. Termasuk menyasar para guru dan tenaga kependidikan untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Namun pada saat ini (Selasa kemarin, red) ketersediaan vaksin di gudang Dinkes hanya cukup untuk 30 orang.

“vaksin yang masih ada untuk cadangan. Hal itu bila diperlukan urgen. Misal vaksin di puskesmas ada yang rusak atau ada permintaan mendadak,” ungkapnya.

Pihaknya masih menunggu droping alokasi vaksin dari pemerintah pusat ataupun provinsi guna percepatan vaksinasi tahap kedua. Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Kendal terus melandai, di mana perkembangan kasusnya rata-rata dalam satu bulan terakhir 9-11 kasus baru setiap hari.

“Kita sudah berkoordinasi kepada Satgas Covid-19 Kendal agar kembali melakukan skrining di pusat keramaian dengan melakukan tes rapid antigen secara acak dalam waktu dekat. Ini untuk melihat, apakah kasus memang membaik ataau karena banyak yang belum terdeteksi,” ujarnya. (lid)