Cakupan Vaksinasi Lansia Masih Rendah

by
VAKSINASI - Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid didampingi Ka Dinkes Slamet Budiyanto saat memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Kota Pekalongan.

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mencatat, sampai saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan lanjut usia (lansia) di kota batik masih rendah. Dari sasaran 19 ribu lansia, sampai kemarin jumlah lansia yang sudah divaksin masih sekitar 5 ribu orang.

Maka dari itu, Dinkes akan menggenjot agar target sasaran vaksinasi lansia bisa tercapai hingga akhir Juni mendatang. “Memang jumlah vaksin yang ada bergantung droping dari provinsi dari pusat namun kita berusaha mencapai target akhir Juni,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dr Slamet Budiyanto SKM, Selasa (27/4/2021).

Dengan kondisi seperti itu, menurut Budi perlu kerja keras dari seluruh elemen baik pemerintah atau masyarakat sendiri agar partisipasi vaksinasi meningkat.

Pemerintah Kota Pekalongan sendiri melalui Fasilitas Pelayanan Kesahatan (Fayankes) setempat memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi lansia, baik untuk dosis pertama maupun kedua setiap Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat.

Budi menyampaikan bahwa pihaknya sudah menginformasikan kepada camat dan lurah untuk menyebarluaskan info vaksinasi bagi lansia. “Di fayankes setiap Selasa sampai Jumat melayani vaksinasi, silakan untuk segera vaksin,” ajak Budi.

Dia kembali menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 aman, tidak terjadi efek yang dirasakan atau hal-hal yang diresahkan. “Vaksinasi terbukti aman, jadi masyarakat tak perlu ragu. Pemerintah terus mendorong masyarakat khususnya lansia untuk vaksin Covid-19, ini untuk melindungi mereka,” tegas Slamet Budiyanto. (way)