Sepi Minat, Enam Pos Eselon II Masih Kosong Pimpinan

by
SUMPAH JABATAN - Sejumlah pejabat Pemkab Batang saat menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di pendopo kabupaten, Senin kemarin.

BATANG – Pasca pelatikan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Batang, Senin (26/4/2021) kemarin, Pemkab Batang masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk mengisi kekosongan pimpinan di kursi jabatan eselon II. Tercatat, ada enam pos eselon II yang belum diisi pejabatnya.

Permasalahan ini pun diamini Bupati Batang, Wihaji. Dia menyebutkan, beberapa jabatan eselon II di lingkungan Pemkab yang masih kosong tersebut, yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Asisten 1, dan Satf Ahli.

Khusus Disparpora, kekosongan itu menyusul kebijakan Bupati memindahkan Wahyu Budi Santoso untuk memimpin Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sementara pimpinan lamanya, Sri Purwaningsih kini menempati jabatan sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD).
Adapun Bambang Supriyanto yang sebelumnya Kepala BPKPAD, kini memimpin Inspektorat Kabupaten Batang.

Saat melantik dan mengambil sumpah pejabat eselon II, III dan IV kemarin, Bupati sendiri belum menjelaskan rencana pengisian jabatan untuk enam pos eselon II yang kosong itu. Dia hanya mengatakan jika penempatan jabatan dilakukan untuk meningkatkan kinerja dalam mendukung suksesnya visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang akan berakhir pada 2022.

“Ini merupakan sesuatu yang biasa. Namun yang pasti ada tiga hal, pertama karena memang ada banyak jabatan yang kosong, kemudian ada beberapa OPD yang mengalami perubahan nomenklatur baru (perubahan nama jabatan) terutama di Dinas Pendidikan, serta penyegaran bagi Kepala OPD yang sudah terlalu lama menjabat sehingga kita geser,” ujar Wihaji. (fel)