Tipe Kelembagaan BPBD Bakal Dinaikkan

by
Wihaji, Bupati Batang

*Bupati Usulkan Perubahan Perda Perangkat Daerah

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang mengusulkan adanya revisi pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Batang Nomor 8 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang telah diubah terakhir dengan Perda Kabupaten Batang Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Perda Kabupaten Batang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Perubahan ini antara lain mendorong peningkatan tipe kelembagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Revisi Perda ini dimaksudkan untuk menyelaraskan amanat PP 72 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Oleh karena itu, revisi Perda ini diharapkan dapat dimasukkan dalam Perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, revisi itu berkaitan dengan beberapa perubahan ketentuan tentang rumah sakit daerah dan dalam rangka penguatan kelembagaan BPBD dengan menaikkan klasifikasi/tipe.

“Rumah Sakit Daerah sebagai salah satu fasilitasi pelayanan kesehatan yang mempunyai karakteristik dan organisasi sangat kompleks memerlukan kebijakan khusus untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Dengan telah ditetapkannya Permen Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka beberapa ketentuan tentang rumah sakit daerah mengalami perubahan,” katanya.

Sementara itu, pada Pasal 5 UU 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggungjawab dalam penyelenggaran penanggulangan bencana.