Ramadan, Stok Darah Menipis

by
TARIK PENDONOR - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kendal memberikan paket sembako dan sajadah bagi pendonor darah di bulan Ramadan.

*PMI Berikan Paket Sembako Bagi Pendonor

KENDAL – Kondisi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kendal selama bulan Ramadan ternyata menipis. Karena itu, untuk merangsang masyarakat berdonor darah, PMI menyediakan hadiah berupa paket sembako dan sajadah, dengan syarat pendonor datang sendiri ke Kantor PMI Kendal.

Menipisnya stok darah ini karena kegiatan donor darah pada bulan suci ini berkurang drastis. Tercatat di jadwal kegiatan donor darah PMI Kendal untuk bulan Ramadan ini hanya 7 lokasi. Lima kegiatan sudah dilakukan, sehingga tinggal dua kegiatan yakni di Perumahan Jatisari Kaliwungu dan Obaba Sukorejo. Dalam kondisi normal di luar bulan Ramadan, kegiatan donor darah rata-rata per bulan ada 20 – 25 lokasi.

Arif Agus Fitrianto, petugas Analis Laboratorium PMI Kendal mengatakan, pemberian paket sembako dan sajadah baru dimulai beberapa hari ini, karena stok darah semakin menipis. Tujuannya agar banyak pendonor yang datang sendiri ke PMI Kendal.

“Dengan paket sembako ini supaya masyarakat semangat berdonor darah di bulan Ramadan ini,” katanya, Senin (26/4/2021).

Petugas PMI lainnya, Diar Rosita Dewi menambahkan, meski stok darah menipis, namun masih terbilang aman untuk semua golongan. Bahkan selama Ramadan ini, permintaan darah dari pasien selalu terlayani. Bukan hanya permintaan dari pasien Kendal, tetapi ada juga permintaan dari Rumah Sakit di Semarang dan Demak.

“Walau stok menipis, tetapi stok masih aman, bahkan masih bisa memenuhi permintaan dari luar Kendal, seperti Rumah Sakit di Semarang dan Demak,” ungkapnya.

Pihak PMI berharap, bagi masyarakat yang mau berdonor darah bisa langsung datang ke Kantor PMI Kendal kapan saja. Sebab selama 24 jam petugas akan siap melyani. (lid)