Ketua DPRD Ajak Pemuda Aktif Berorganisasi

by
TALKSHOW - Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir saat menjadi narasumber dalam kegiatan 'Talkshow Jelang Berbuka' yang digelar PD Pemuda Muhammadiyah.

KOTA – Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir, mengajak para pemuda untuk aktif dalam organisasi. Menurutnya, aktif dalam organisasi menjadi salah satu ajang pembelajaran agar siap menjadi pemimpin ke depan. Pesan itu disampaikanya saat menjadi narasumber dalam kegiatan ‘Talkshow Jelang Berbuka’ yang digelar Pemuda Muhammadiyah Kota Pekalongan di Masjid Al Ihsan, kemarin.

Penilaian demikian disampaikan Azmi berdasarkan pengalamanya sendiri selama kuliah. Dia mengaku menjadi mahasiswa yang tak aktif dalam organisasi. Dampaknya kemudian dia rasakan saat ini ketika menerima tanggung jawab besar sebagai ketua DPRD. “Saya merasa dulu tidak ikut organisasi ini menjadi kerugian. Saat ini ruang belajar saya sudah sempit,” tuturnya.

Padahal saat menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB), dia sempat ditawari jabatan dalam organisasi kemahasiswaan yang sayangnya dia tolak. Berorganisasi menurutnya dapat menjadi ajang belajar bagaimana menjadi pemimpin sehingga ketika suatu saat diberi amanah memimpin lembaga benar-benar memiliki bekal dan kesiapan.

“Dari organisasi, bibit-bibit pemimpin yang berpotensi bisa terbentuk meski belum memiliki kewenangan. Sehingga ketika nanti menjadi pemimpin sebenarnya dan memiliki kewenangan maka sudah siap,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyinggung potensi bonus demografi yang akan dialami Indonesia termasuk juga Kota Pekalongan. Menurut Azmi, menghadapi kondisi demikian maka pemerintah maupun masyarakat tidak hanya bisa menerima tapi harus mempersiapkan diri sebagai modal.