Jejak Annur, Salah Satu Pondok Salafi Tertua di Kabupaten Kendal

by
PESANTREN TUA - Pondok pesantren Annur di Dusun Kersan, Desa Tegorejo, salah satu pondok pesantren tua di Kabupaten Kendal, dengan sistem pembelajaran salafi.

“Pondok ini istilahnya sebagai kawah condrodimuko untuk menempa santri supaya bisa menjadi penyebar agama Islam di mana saja,” katanya, kemarin.

Dikatakan, pembelajarannya dilakukan usai sholat jamaah, mulai dari subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya serta bakda sholat dhuha. Selama bulan Ramadan pembelajarannya diliburkan, namun tetap ada kegiatan pengajian yang mengajarkan kitab-kitab kuning.

”Pondok salafi ini masa akhirussanah atau kenaikan kelasnya sebelum Ramadhan, sehingga selama bulan Ramadhan merupakan masa libur kenaikan kelas,” jelasnya.

Salah satu santri yang sudah lanjut usia adalah Muhammad Agnin asal Pemalang, sudah tiga tahun terakhir ini belajar di pondok. Kakek yang ketika remaja pernah menimba ilmu di pondok ini mengaku merasa tenang dan tentram. Sebagai santri pun sekarang tetap ikut belajar kitab-kitab kuning yang diajarkan di pondok ini.
“Saya merasa tenang dan bahagia di pesantren sini,” ucapnya. (lid)