Pesantren Kilat, Perkuat Akhlak

by
PESANTREN KILAT - Para pelajar saat mengikuti pesantren kilat yang digelar Majelis Taklim Ummul Qurro.

Batang – Majelis Taklim Ummul Qurro, menggelar Pesantren Ramadan dengan peserta para pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat, untuk memperkuat akhlak dan akidah, sehingga dapat mengoptimalkan waktu selama bulan suci.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Batang sekaligus Pembina Majelis Taklim Ummul Qurro’ mengatakan, tahun ini diikuti oleh 90 anak yang dikelompokkan dan diberi materi sesuai tingkatannya dan untuk menyukseskan kegiatan tersebut dibantu oleh 11 tenaga pengajar.

“Sejumlah 90 anak terbagi 3 kelompok sesuai tingkatannya. Kelompok I kelas 1-3 SD/MI, Kelompok II kelas 4-6 SD/MI, kelompok III anak-anak setara kelas 7-9 SMP/MTs dan 10-12 SMA/MA,” katanya, usai menyampaikan materi, di Majelis Taklim Ummul Qurro, Desa Karanganyar, Kabupaten Batang, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskannya, materi yang disampaikan pada pukul 14.00-14.45 WIB untuk masing-masing kelompok adalah kelompok I: Thoharoh dan praktek ibadah salat, kelompok II: puasa dan problematikanya, kelompok III: Fiqih wanita/Risalatul Mahid. Setelah break dan Salat Ashar, semua kelompok melanjutkan pembelajaran mulai pukul 15.00 – 16.00 dengan materi Tahsin Tilawah dan Tahfidz.

Kepala KUA Kecamatan Batang, H. Abdullah Najib, secara terpisah mengatakan, kegiatan ini diyakini akan bermanfaat bagi anak-anak untuk mengisi kegiatan bulan Ramadan dengan aktivitas yang bisa menambah pengetahuan agama.