Rob Kembali Genangi Pemukiman

by
TERGENANG - Permukiman warga di Sampangan Gang 5 yang berada di bantaran Sungai Kupang tergenang banjir, Minggu (25/4/2021) petang.

KOTA – Sejumlah wilayah permukiman di beberapa kelurahan di Kota Pekalongan saat ini kembali terendam banjir rob. Genangan rob ini sudah terjadi sejak sekitar sepekan ini, dengan ketinggian air mencapai 30-40 cm.

Pantauan salah seorang relawan Posko Siaga BPBD Kota Pekalongan, Apip, Minggu (25/4/2021) petang menyebutkan beberapa wilayah yang terendam antara lain di Sampangan Gang 5a dan 5b, Jalan WR Supratman, dan depan TPI Kota Pekalongan. Ketinggian genangan antara 0-40 cm.

Menurutnya, genangan di wilayah tersebut disebabkan limpasan air Sungai Loji atau Sungai Kupang. “Jalan Blimbing juga tergenang dengan ketinggian sekitar 25cm. Kondisi terkini di sampangan gang 5 air sudah mulai menggenangi sebagian rumah warga, titik terdalam berada pada ketinggian 40 cm,” tuturnya.

Pada Minggu (25/4/2021) malam, imbuh dia, air laut terpantau landai. Namun pada sore hari pukul 17.00 air sempat limpas. “Kejadian sudah sejak hampir seminggu ini,” ungkapnya.

Meski rumahnya tergenang, warga masih tetap bertahan di rumah masing-masing. Warga berharap kepada pemerintah agar segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan yang sudah berulangkali terjadi tersebut.

“Harapannya ada perbaikan saluran dan membuat tanggul, khususnya di wilayah sini agar air sungai tidak meluap menggenangi permukiman,” ungkap Sarji, salah seorang warga Sampangan Gang 5, Pekalongan Timur. (way)