Politik

KPU Kendal Mulai Melakukan Coklit

KENDAL – KPU Kendal sudah mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap nama-nama yang tercantum dalam DP4 dari Kemendagri yang sudah disinkronkan dengan DPT pemilu terakhir. Sesuai jadwal tahapan Pilgub Jateng, coklit akan dilakukan mulai tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018.

“Pada tahapan coklit, petugas KPU akan mendatangi semua rumah sesuai domisili KTP elektronik. Namun KPU tidak melakukan coklit terhadap warga pendatang, seperti santri-santri yang berada di pondok pesantren,” ungkap Divisi Perencanaan dan Data pada KPU Kendal, Rohimudin .

Ia menambahkan bahwa Syarat utama bagi warga yang bisa menggunakan hak pilih pada pemilu, harus memiliki KTP elektronik atau surat keterangan perekeman data KTP elektronik atau terdaftar dalam pemilih tetap. Persyaratan itu berlaku juga untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan berlangsung pada Rabu Pon 27 Juni 2018 mendatang.

“KPU akan bekerja sama dengan Dispermades dan Disdukcapil untuk melakukan coklit data mulai 20 Januari nanti,”ujarnya.

Hasil coklit nanti akan diklasifikasikan menjadi tiga ketegori, yaitu pemilih yang sudah memiliki data lengkap KPT elektronik atau sudah memiliki surat keterangan, pemilih yang belum melakukan perekaman data KTP elektronik atau surat keterangan dan pemilih yang pada tanggal 27 Juni 2018 sudah berusia 17 tahun, sehingga belum waktunya melakukan perekaman data KTP elektronik. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments