Pantau Prokes sampai Vaksinasi Lewat Safari Ramadan

by
SAFARI - Bupati Dico memanfaatkan momentum Ramadan untuk bersafari menyapa masyarakatnya sekaligus memantau pelaksanaan prokes dan vaksinasi.

Kendal – Kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Kendal yang efektif berjalan mulai Senin Senin (19/4/2021), ternyata tidak hanya menjadi ruang ibadah dan silaturahim. Pasalnya, melalui aktivitas keliling tersebut, Bupati Kendal juga sekaligus memantau upaya penanganan pandemi Covid-19 di wilayahnya, dari kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan sampai realisasi program vaksinasi.

Seperti saat Safari Ramadan perdana di Masjid An-Nur Dusun Kerasan Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021) kemarin, Bupati Dico M Ganinduto juga ikut memantau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia. Terkait vaksinasi pada bulan Ramadan, Bupati Dico menyebut pemberian vaksin dilakukan dua kali dalam sehari, dalam hal ini untuk malam hari target adalah lansia. “Untuk saat ini kita lakukan vaksin ada yang malam hari, karena bagi lansia setidaknya harus berbuka puasa terlebih dahulu,” ungkap Bupati Kendal.

Bupati mengatakan bahwa giat ini juga menjadi sebuah jembatan dalam mempererat hubungan dengan masyarakat melalui penyerapan aspirasi, sekaligus memberikan edukasi terkait Surat Edaran (SE) Menteri maupun SE Bupati.

“Alhamdulillah pemerintah resmi mengumumkan melalui SE Menteri Agama nomor 4 tahun 2021 tentang panduan ibadah, sekaligus SE Bupati nomor 451/1082/2021 tentang panduan ibadah, atau intinya ibadah boleh namun tetap dengan prokes kesehatan yang ketat,” terang Dico.

Lebih lanjut Dico menjelaskan, pihaknya juga ingin mengetahui langsung bahwa prokes tentang ibadah sudah berjalan dengan benar, yaitu menerapkan maksimal 50 persen dari kapasitas maksimal.

Adapun Bupati selalu mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada, akan tetapi kasus terpapar virus Corona di Kabupaten Kendal telah menurun drastis. Pada momen tersebut, Bupati mengharapkan agar warga selalu memperhatikan protokol kesehatan (prokes), serta ikut mensukseskan program vaksinasi yang saat ini terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah. (lid)