BPUM 2021 Masih Diburu Masyarakat

by
AJUKAN - Para pelaku UMKM Batang saat mengajukan pendaftaran BPUM 2021 di Kantor Disperindag dan UKM Batang.

*Sampai April Sudah 11.333 UMKM Mengajukan

BATANG – Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 masih menarik animo masyarakat pelaku UMKM di Batang. Tercatat sudah ribuan pelaku UMKM yang mengajukan diri untuk menerima bantuan stimulus untuk para pelaku usaha kecil di masa pandemi Covid-19 ini.

Hingga 19 April ini, sudah sekitar 11.333 UMKM yang mendaftarkan diri sebagai penerima BPUM tahun 2021. Jika disetujui, nantinya para pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan modal Rp 1,2 juta.

“Per 19 April kemarin sudah ada sekitar 11.333 UMKM yang mendaftarkan diri. Untuk pendaftaran kami buka hingga tanggal 23 April nanti. Dan nantinya setelah mendaftar secara online, para pelaku UMKM diharapkan melakukan pengumpulan berkas administrasi secara fisik ke kantor maksimal dua hari semenjak pendaftaran online,” jelas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Batang, Subiyanto didampingi Kabid Koperasi dan UKM, Budi Santosa, saat diwawancarai Radar Pekalongaan, Selasa (20/4/2021).

Dijelaskan Subiyanto, program BPUM sendiri sesuai dengan Permenkop & UKM RI Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran BPUM untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Hal ini juga tertuang dalam Surat Sekjen Kemenkop dan UKM RI Nomor:171/SM/III/021 tentang Pemberitahuan Program bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“Iya sekarang harus diserahkan berkas fisiknya juga ke kantor. Karena sebagai back up (cadangan -red) kami jika nantinya ada pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Untuk persyaratannya sendiri, yakni berstatus WNI dan memiliki KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Kemudian memiliki nomor izin berusaha atau surat keterangan usaha dari desa. Menunjukkan foto tempat usaha dan produk usaha, serta menulis surat pertanggungjawaban mutlak. Selain itu, pendaftar tidak termasuk ASN, TNI, Polri dan juga pegawai BUMN dan BUMD. (nov)