Pemkab Siapkan Hadiah Ratusan Juta

by
BERI BANTUAN - Bupati Wihaji saat memberikan bantuan pada masyarakat Desa Sumurbanger, Kecamatan Tersono, Senin (19/4/2021).

*Lomba Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Desa

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menyiapkan anggaran mencapai ratusan juta sebagai bentuk apresiasi pada pemuda desa yang memiliki gagasan dalam hal perencanaan pemberdayaan masyarakat desa.

“Kami menggelar lomba perencanaan pemberdayaan masyarakat desa yang hadiah pertamanya sebesar Rp 300.000.000. Saya kira ini akan menjadi dana segar untuk menambah modal usaha desa,” jelas Bupati Batang, Wihaji, usai menggelar Tarawih Keliling di Masjid Baitul Mukminin, Desa Sumurbanger, Kecamatan Tersono, Senin (19/4/2021).

Bupati Wihaji mengatakan, bahwa kegiatan lomba itu juga sebagai bentuk dari upaya Pemkab Batang dalam memulihkan ekonomi masyarakat, seperti yang diintruksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serta membuka lapangan pekerjaan secara luas di desa tersebut.

“Adapun syarat dan ketentuan dalam memberikan dana usaha, masyarakat harus menyiapkan proposal yang nanti diberikan ke kecamatan dan kelompok pemudanya yang ada di desa harus mempunyai badan hukum terlebih dahulu, karena jika nanti diperiksa APH dapat lolos verifikasi,” terangnya.

Bupati Wihaji pun berharap agar pemuda desa benar-benar merancang ide yang bagus. Di mana ke depan dalam mengolah hasil pertanian yang ada di desa menjadi produk unggulan dan sampai bisa dipasarkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wihaji memberikan bantuan berupa dana usaha sebesar Rp 50.000.000,00 untuk pemuda Desa Sumurbanger agar dapat mengembangkan hasil pertaniannya seperti kopi.

“Saya harapkan bantuan dana dari Pemkab Batang ini bisa bermanfaat bagi pemuda Desa Sumurbanger. Saya juga meminta agar dana ini harus benar-benar direalisasikan untuk usaha, jangan sampai satu tahun lagi saya kesini bantuannya tidak tahu kemana,” tandasnya. (fel)