Jangan Sampai Ramadan Picu Klaster Covid-19

by
BUKA BERSAMA - Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat mengikuti acara buka puasa bersama dengan toga tomas dan masyarakat umum di Tigorejo, Pegandon, Senin kemarin.

*Bupati Minta Masyarakat Sukseskan Vaksinasi

KENDAL – Aktivitas Ramadan di tengah pandemi Covid-19 tahun ini sedikit lebih longgar dibandingkan tahun lalu. Namun demikian, Bupati Kendal meminta masyarakat Muslim bisa disiplin mematuhi protokol kesehatan, sehingga Ramadan tidak memicu klaster baru virus corona.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, upaya tersebut sebagai ikhtiar untuk mempercepat penanganan pandemi di Kabupaten Kendal. Saat ini, Pemerintah Kebupaten Kendal sendiri tengah berikhtiar melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dengan fokus pada lansia dan pelayan publik. Sampai akhir bulan Juni, ada sebanyak 180.000 lansia dan pelayan publik sudah didata untuk dilakukan vaksinasi. Setelah semuanya rampung dilanjutkan vaksinasi untuk masyarakat umum.

“Saya meminta seluruh masyarakat Kendal untuk bisa mesukseskan program vaksinansi Covid-19. Karena ini adalah lkhtiar kita sama-sama dalam rangka menghilangkan wabah Covid 19 yang ada di Indonesia, khususnya di Kendal sehingga perekonomian bisa kembali normal lagi dan bangkit lagi,” kata Bupati Dico saat acara Buka Bersama Bupati Kendal dengan Tomas, Toga, Tukang Becak, dan Anak Panti Asuhan di Masjid Annur Kersan, Desa Tigorejo, Kecamatan Pegandon, Senin (19/4/2021). Acara juga dihadiri Wakil Bupati dan Sekda Kendal.

Dico mengungkapkan, bahwa Covid-19 masih ada, akan tetapi kasus terpapar virus corona di Kabupaten Kendal sudah menurun drastis. Namun demikian, potensi penularannya harus tetap diwaspadai, sehingga penting tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat, menggunakan masker dan menjaga jarak serta selalu mengedepankan mencuci tangan agar masyarakat selalu terjaga kesehatannya.

Terkait momentum ibadah di bulan Ramadan, Pemkab sudah mengeluarkan surat edaran (SE) 451/1082/2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M di Kendal.