Ramadan, Paguyuban UMKM Buka Pasar Rakyat

by
PASAR RAKYAT - Paguyuban UMKM Ngampel, fasilitasi Pasar Rakyat di bulan Ramadan untuk para pedagang berjualan aneka makanan kulner, pakaian da nlainya.

KENDAL – Banyak bermunculan pasar tiban atau pasar dadakan di bulan Ramadan. Salah satunya pasar tiban yang berada di halaman Kantor Kecamatan Ngampel Kendal yang buka sejak awal puasa kemarin. Namanya Pasar Rakyat yang memfasilitasi pedagang berjualan aneka makanan kuliner, pakaian dan berbagai mainan anak-anak.

Pasar dadakan ini awalnya hanya menampung pedagang UMKM setempat yang berjualan di halaman Kantor Kecamatan yang disediakan oleh camat setempat. Namun melihat lahan yang cukup luas, akhirnya banyak penjual lainnya, seperti penjual pakaian dan mainan ikut berjualan. Pedagang lain di luar Kecamatan Ngampel pun oleh Camat diizinkan, namun hanya pada akhir pekan.

Bagi pedagang UMKM dipersilahkan berjualan tiap sore, mulai jam tiga sore hingga ba’da maghrib. Khusus akhir pekan karena banyak pedagang yang jualan dari beberapa daerah, maka waktu diperpanjang sampai pukul sembilan malam.

Camat Ngampel, Sunarto mengatakan, awalnya hanya para pedagang kuliner UMKM, namun akhirnya banyak pedagang pakaian dan mainan yang ikut bergabung berjualan di halaman kantor kecamatan. Namun melihat perkembangan yang semakin baik, maka bisa diteruskan setelah lebaran. “Dengan adanya Pasar Rakyat ini semoga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat yang sejak awal pandemi banyak yang terpuruk,” harapnya.

Salah satu pedagang, Siti Rohana yang berjualan aneka makanan dan minuman untuk buka puasa mengaku senang bisa berjualan di halaman kantor kecamatan. Biasanya ia berjualan di depan rumah, namun ternyata berjualan di Pasar Rakyat hasilnya lumayan meningkat. Untuk itu, ia berharap agar Pasar Rakyat bisa dilanjutkan seterusnya setelah lebaran. “Hasil jualan di sini lebih ramai daripada jualan di rumah, karena kan pengunjungnya banyak,” ujarnya.