Atasi Banjir Rob, Pemkot Gandeng Dewan Sumber Daya Air Nasional

by
DISKUSI - Pemkot Pekalongan menggandeng Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN) untuk membantu memberikan rekomendasi pengelolaan sumber daya air. Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja DSDAN di Ruang di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Senin (19/4/2021).

KOTA – Untuk mengatasi permasalahan banjir rob yang kerap melanda Kota Pekalongan, Pemkot Pekalongan menggandeng Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN) untuk membantu memberikan rekomendasi pengelolaan sumber daya air. Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja DSDAN di Ruang di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Senin (19/4/2021).

Saat menerima kunjungan, Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengucapkan terima kasih kepada DSDAN yang telah mendukung upaya Pemkot dalam menangani banjir rob. “Karena mengatasi banjir rob, sejatinya menyelamatkan kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Dalam mengatasi banjir rob, sambung Sekda, sekarang ini Pemkot telah melakukan pembebasan lahan, menyelesaikan sosialiasi terhadap dampak sosial ekonominya. “Ini yang kami tangani saat ini
, mudah-mudahan berjalan lancar. Harapannya banjir rob di Kota Pekalongan ini bisa teratasi,” pintanya.

Dalam paparannya, Kepala BBWS Pemali Juana, M Adek Rizaldi menjelaskan,
belakangan ini kejadian banjir rob di Kabupaten maupun di Kota Pekalongan dalam 10 tahun sangat tinggi sekali. Maka, pihaknya menangani dari sisi barat Kabupaten Pekalongan. Sebab apabila terjadi banjir rob berdampak ke pantura.

“Sehingga tahun 2017 silam, kami fokus ke Kabupaten Pekalongan. Selanjutnya selesai di tahun 2019, tahun 2021 ini kami melanjutkan di Kota Pekalongan, memang fokus utamanya adalah menyelematkan masyarakat yang terdampak,” ucapnya.