Kemenag Imbau PPIU Tak Tergesa-gesa Berangkatkan Jemaah Umrah

by
PELAYANAN - Kemenag meminta PPIU tak tergesa-gesa berangkatkan jemaah umrah.

KOTA – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mulai awal bulan Ramadan ini sudah membuka kembali ibadah umrah dengan syarat calon jemaah sudah mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Meski demikian, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk tidak tergesa-gesa dalam mengirimkan calon jemaah umrah ke tanah suci.

Hal itu dikarenakan situasi saat ini yang belum menentu. Selain itu juga karena adanya penambahan biaya yang cukup signifikan. Kenaikan biaya tersebut termasuk pajak yang semula 5% menjadi 15%, kenaikan kurs dollar, dan kewajiban penerapan prokes dalam pelaksanaan ibadah umrah, seperti tes PCR, pembatasan kuota jamaah di penginapan hotel dan sebagainya.

“Untuk nominal kenaikannya ini belum final, saat ini masih akan dikaji kembali oleh pemerintah pusat sehingga untuk keputusan pastinya belum ada. Pemerintah Arab Saudi juga belum memberikan kebijakan terkait berapa kuota jamaah yang boleh melaksanakan ibadah umrah,” jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Pekalongan, H Mundakir SH, kemarin.

Maka dari itu, kata Mundakir, sampai saat ini untuk pemberangkatan jemaah umrah di Kota Pekalongan belum dilakukan.