Disiplin Masyarakat Kian Luntur

by
SWEEPING KENDARAAN - Aparat gabungan TNI/Polri dan Satgas PPKM Mikro Desa Sambiroto Kecamatan Kajen menggelar sweeping kendaraan untuk mendisiplinkan prokes, kemarin.

**Banyak Abaikan Prokes

KAJEN – Kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan masih terus bertambah. Hingga kemarin berdasarkan laman www.corona.pekalongankab.go.id hingga pukul 17.40 WIB tercatat secara akumulasi kasus terkonfirmasi tembus 2.703 kasus. Dengan rincian, 85 orang dirawat, 2.308 orang sembuh, dan 175 orang menjalani isolasi mandiri. Angka kematian pun bertambah menjadi 135 kasus. Beberapa di antaranya merupakan tokoh di Kota Santri yang menjadi korban virus corona.

Seiring perjalanan waktu, tingkat kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan kian luntur. Salah satu indikasinya banyak ditemui masyarakat yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Meskipun demikian, aparat dan satgas Covid-19 tak pernah kendor dalam mendisiplinkan masyarakat. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil Kajen Serka Aman Waluyo bersama Satgas PPKM Mikro Desa Sambiroto Kecamatan Kajen. Aparat gabungan melaksanakan penyemprotan disinfektan di sekitaran balai desa setempat, Kamis (15/4/21).

Selain melaksanakan penyemprotan disinfektan, satgas juga melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan serta memberikan imbauan dan edukasi kepada warga agar taat dan patuh terhadap protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala Desa Sambiroto, Babinsa, Babinkamtibmas dan perangkat desa selaku Satgas PPKM.

Serka Aman menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mencegah Covid-19 tersebut meliputi pengecekan APD, melaksanakan sweeping kendaraan di depan Balai Desa Sambiroto, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan.