Ramadan, Permintaan Buah Melon Meningkat 50 Persen

by
PANEN - Buah melon yang baru saja dipanen oleh petani yang ada di Warungasem Batang.

BATANG – Ramadan tahun ini, salah satu petani asal Warungasem, Aziz, disibukkan dengan panen buah melon yang ada di kebunnya. Setiap menjelang puasa, Aziz memang sudah mempersiapkan untuk penanaman melon. Lantaran di setiap bulan Ramadan permintaan buah Melon dipastikan meningkat. Bahkan peningkatannya lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya.

Tak ayal, dari sebelum Ramadan ia pun sudah menyiapkan kebun seluas satu hektare untuk ditanami melon. Nasib baik, panennya pun sukses dan bisa dijual saat Ramadan tiba.

“Jadi sebelum puasa memang sudah persiapan menanam melon, karena pasti nanti saat puasa permintaan meningkat drastis dari pada hari biasa,” tuturnya saat diwawancarai baru-baru ini.

Aziz menjelaskan, jenis melon yang dia tanam adalah melon Gegana dan Pertiwi dengan rata-rata usia 60 hari siap untuk dipanen. Dalam sekali panen, Aziz mampu mendapatkan 2,5 ton atau 1.300 buah melon yang dijual dengan harga Rp 10 ribu perkilogramnya.

“Kalau di sini jenisnya Gegana dan Pertiwi, tapi yang paling laris pertiwi karena lebih manis dan tergolong melon kualitas unggul. Ini sekitar 2,5 ton, dijual ke pedagang sekitar Wiradesa, Pekalongan, dan Batang,” pungkasnya.(nov)