Disdikbud Pilih Ujian Sekolah Luring Ketimbang Daring

by
Sabar Mulyono Sekretaris Disdikbud Batang

BATANG – Seluruh intitusi pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Batang pekan depan akan menggelar Ujian Sekolah secara luring, karena dinilai menghasilkan mutu pendidikan yang lebih obyektif, dibandingkan secara daring.Ujian sekolah ini nantinya direncanakan bakal digelar 19-24 April nanti.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang, Sabar Mulyono menyampaikan, secara nyata apabila ujian sekolah dilaksanakan secara tatap muka, tentu menghasilkan nilai ujian yang pasti obyektif karena anak didik benar-benar melakukan ujian tertulis sebagaimana mestinya.

“Cuma kami belum bisa memastikan bagaimana capaian prestasi, karena selama ini proses pembelajaran dilaksanakan secara daring,” katanya, saat diwawancarai, Kamis (15/4/2021).

Lebih lanjut, dia menerangkan, proses pembelajaran yang dulu dilakukan secara tatap muka saja, belum tentu dipahami anak didik, apalagi jika dilaksanakan secara daring.

“Dan secara daring pun belum tentu anak melaksanakan pembelajaran itu dengan sungguh-sungguh. Ada yang sekedar absen didepan, tapi setelah itu sudah tidak mengikuti pembelajaran. Berbeda jika pembelajaran tatap muka, jika belum paham, anak bisa bertanya langsung kepada guru,” jelasnya.

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19 Ujian Nasional ditiadakan. Sedangkan dalam penentuan kelulusan, berdasarkan kondisi pelaksanaan ujian oleh satuan pendidikan.

“Ujian yang dilaksanakan sebenarnya bisa menggunakan evaluasi terhadap nilai raport atau prestasi, nilai tugas, ujian daring maupun luring,” pungkasnya. (nov)