Radar Kajen

Coklit, PPDP Kalipancur Lampau Target

Coklit Kalipancur

COKLIT – Petugas PPDB TPS 3 Uswatun Nadziroh didampingi Ketua PPS Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong tengah melakukan Coklit ke anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Edy Sutrisno.
WIDODO LUKITO

BOJONG – Pasca dimulai gerakan serentak Pencocokan dan Penelitian (Coklit) identitas pemilik suara pada Sabtu (20/1), 9 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Desa Kalipancur Kecamatan Bojong langsung bergerak. Bahkan, target per hari PPDP yang mendapat jatah pendataan per TPS melampau target.

Hal itu dibenarkan Ketua PPS Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Muhroji. Kata dia, PPDP di Desa Kalipancur memang langsung bergerak setelah apel pembukaan gerakan Coklit serentak, di Kesesi, Sabtu (20/1). Pencocokan data pemilih (Coklit) sudah dimulai dan akan berakhir sampai 18 Februari mendatang. Sasarannya adalah warga Desa Kalipancur yang sudah masuk ke dalam DP4 dan memiliki dokumen kependudukan. “Saya yang mendampingi PPDP melakukan pendataan sesuai dengan arahan KPU,” kata Muhroji saat ditemui Radar, kemarin.

Dikatakan, Coklit ini merupakan salah satu upaya KPU untuk membentuk daftar pemilih tetap (DPT) yang memiliki akurasi tinggi. “Coklit adalah pintu masuk untuk bisa mendata seluruh warga Kalipancur agar masuk dalam daftar pemilih,” tandasnya.

Diungkapkan, di Desa Kalipancur ada 9 TPS dengan jumlah pemilih 4816. Jumlah pemilih tersebut terbagi menjadi TPS 1 dengan jumlah pemilih 508, TPS 2 pemilih 522, TPS 3 pemilih 528, TPS 4 pemilih 510, TPS 5 pemilih 534, TPS 6 pemilih 531, TPS 7 pemilih 547, TPS 8 pemilih 527, dan TPS 9 pemilih 609.

“Dalam sehari, PPDP sudah menCoklit 83. Dengan kerja PPDP di Desa Kalipancur ini, saya yakin pelaksanaan Coklit akan selesai sesuai dengan target,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kabupaten Pekalongan sebanyak 1.480 ditargetkan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap 7.400 rumah, dengan 29.600 pemilih, atau 4,3 persen, dari jumlah pemilih secara keseluruhan.

Usai apel pembukaan gerakan Coklit serentak, di Kesesi, Sabtu (20/1), petugas PPDB melakukan gerakan serentak Pencocokan dan Penelitian (Coklit) identitas pemilik suara. Kediaman Bupati Asip Kholbihi dan Wakil Bupati Arini Harimurti menjadi sasaran pertama petugas. (wid)

Penulis & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments