Tahun Ajaran Baru, PTM Digelar Serentak

by
PENJELASAN - Sekretaris Disdikbud Batang, Sabar Mulyono, saat memberikan penjelasan rencana PTM serentak pada tahun ajaran baru nanti.

*Realisasi Vaksinasi Guru Sudah 80%

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang memastikan peserta didik dapat menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara serentak pada tahun ajaran 2021/2022. Kepastian itu sejalan dengan sudah akan selesainya proses pemberian vaksinasi dosis pertama dan kedua pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan wilayah setempat.

“Proses pemberian vaksin pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Kabupaten Batang sudah mencapai 80 persen. Bahkan, Sebagian besar guru sudah menerima vaksin, jadi bisa dipastikan tahun ajaran 2021/2022, PTM dapat dilaksanakan,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang, Sabar Mulyono, Kamis (15/4/2021).

Sabar mengatakan, pihak Disdikbud mengharapkan PTM bisa digelar di awal tahun ajaran baru nanti. Pasalnya, dengan PTM anak dapat memperoleh haknya secara langsung. “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan dalam waktu yang berkepanjangan itu menimbulkan banyak permasalahan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, masalah yang timbul di antaranya muncul fenomena generasi muda tidak bisa meningkatkan kompetensinya, karena ada proses penundaan. Selain itu, dikhawatirkan terjadinya penurunan karakter siswa. “Terus terang saja, sekarang ketika anak-anak diminta tatap muka, kondisi rambutnya sudah macam-macam warnanya,” ungkapnya.

Tak lupa, Sabar pun mengimbau pada para pendidik untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat ketika PTM serentak dimulai. “Bisa dipastikan hukum alam akan berlaku. Barangsiapa yang disipin dalam penerapan protokol kesehatan, dialah yang selamat, karena ketika PTM diterapkan, sebenarnya mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik,” katanya.