Komplotan Pencuri Kain Dibekuk Tim Resmob

by
DIBEKUK - Empat Komplotan pelaku Curat yang meresahkan di wilayah Kota Santri berhasil dibekuk Tim Resmob Polres Pekalongan. Istimewa

KAJEN – Empat Komplotan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap beraksi di wilayah Hukum Polres Pekalongan berhasil dibekuk Tim Resmob. Adapun dari delapan komplotan, para pelaku diringkus di tempat berbeda, sedangkan empat pelaku lainya ditetapkan sebagai buronan.

Keempat tersangka adalah Ahmad Zumam Udin (35) Alamat Dukuh Praan Desa Salakbrojo, Kedungwuni. Ambon (48), alamat Wonokerto, Wawan (35) alamat Desa Semampir, Reban Kabupaten Batang dan Eko Santo Desa Tabelan Kecamatan Pecalungan Barang. Keempat pelaku berhasil mencuri di wilayah Kedungwuni, Karangdadap dan Talun.

Sedangkan empat pelaku ditetapkan buronan diantaranya SG (34), HR (36), GL (30) dan RH (40). Adapun barang bukti yang diamankan berupa 2 buah kain union drill warna putih, kain union drill warna merah, 4 buah kain american drill warna hitam. Kemudian 2 buah kain american drill warna mocca, 4 buah kain american drill warna cream, buah kain american drill warna hijau army.

Adapun pencurian terjadi Senin (12/4/ 2021) sekira pukul 05.30 Wib di Rumah Milik Kastolani (40) Dukuh Sindang Desa Banjarsari, Talun. Pada saat korban baru bangun tidur dan melihat beberapa tumpukan kain yang sebelumnya diletakan di ruang tamu rumah sudah tidak ada pada tempatnya.

Kemudian korban mengecek pintu namun pintu rumah masih dalam keadaan terkunci. Setelah mengecek jendela berada di sebelah barat rumah, ternyata jendela tersebut dalam keadaan terbuka dan melihat ada bekas congkelan di jendela tersebut.

Atas kejadian itu korban mengecek kembali barang-barang yang hilang diantaranya berupa Kain scuba sebanyak 6 roll, kain amirican drill sebanyak 15 roll, dan kain kashibo sebnyak 3 roll. Adapun dengan peristiwa tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 25.000.000.

Korban akhirnya melaporkan ke Polsek terdekat. Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, Selasa (13/04/2021) sekira pukul 21.00 Wib, Tim Resmob Polres Pekalongan, telah melakukan penangkapan terhadap Ahmad Zumam di rumahnya beralamat Dukuh Praan Desa Salakbrojo, Kedungwuni. Setelah dilakukan introgasi tersangka menerangkan bahwa benar melakukan tindak pidana dimaksud.

Kemudian Rabu(14/04/2021) sekira pukul 02.00 Wib, dari keterangan tersangka Tim Resmob Polres Pekalongan bersama Unit Reskrim Polsek Karangdadap telah melakukan penangkapan terhadap Ambon, Wawan dan Eko di rumah beralamatkan di Desa Semampir, Reban, Batang.

Setelah dilakukan introgasi para tersangka mengakui melakukan tindak pidana sebagaimana tersebut.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP Akrom menegaskan dalam aksinya keempat pelaku menggunakan KBM daihatsu Grandmax. Sesampainya dirumah korban kemudian tersangka memarkirkan KBM dan merusak jendela samping menggunakan linggis. Setelah berhasil masuk kedalam rumah ketiga pelaku mengambil barang – barang berharga.

“Para tersangka kini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Pekalongan. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ” terangnya. (Yon)