Sewa Motor Demi Ikut Lomba, SMK Neswara Sukses Sabet Juara

by
JUARA - SMKN 1 Warungasem berhasil memperoleh dua juara dalam LKS SMK Prov Jateng 2021.

BATANG – SMKN 1 Warungasem berhasil meraih juara dalam gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Provinsi Jateng ke XXIX Tahun 2021. Dalam LKS kali ini, SMK yang kerap disebut SMK Neswara ini berhasil menyabet juara 2 pada Bidang Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan juara 3 Bidang Teknik Pendinginan dan Tata Udara (TPTU).

Ada cerita menarik dalam lomba kali ini. Pasalnya, demi bisa mengikuti LKS pihak sekolah sampai terpaksa menyewa sebuah sepeda motor yang akan dijadikan obyek perlombaan.

“Kendalanya tentu banyak. Karena ini motor saja nyewa. Tapi kendala ini tidak bisa menjadi alasan. Alhamdulillah berkat semangat seluruh tim, tim TBSM bisa menyabet juara 2 LKS Prov Jateng, dan juga TPTU bisa menggondol juara 3,” terang Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji R didampingi salah satu pembimbing, Casudi.

Untuk Bidang TSBM sendiri, materi yang diujikan adalah bidang Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor (Motorcycle repair and maintenance) diaplikasikan pada proses perawatan dan perbaikan di industri. Lomba ini menguji keahlian untuk menguasai perawatan dan perbaikan sepeda motor yang dilakukan pada engine, chasis dan electrical dengan menggunakan material dan equipment komersial berdasarkan SOP industri.

“Seorang teknisi bekerja memberikan layanan maintenance, perbaikan ringan dan kerusakan pada semua system pada unit kendaraan juga termasuk troubleshooting. LKS provinsi sebagai salah satu lomba yang mengukur kemampuan anak SMK untuk mengikuti beberapa perkembangan technology kedalam soal atau test project dalam bentuk general repair yaitu Preventive Maintenance (PM) dan Perawatan Berkala,” imbuh Casudi.