Ampuhnya Bupati Dico Melobi Bantuan RTLH

by
ALOKASIKAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan bantuan bedah rumah sebanyak 1.000 unit ke Pemkab Kendal.

*Kemen PUPR Tambah Alokasi 600 Unit

KENDAL – Upaya audiensi sekaligus lobi yang dilakukan Bupati Kendal, Dico Ganinduto, bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ternyata cukup ampuh. Terbukti, Kabupaten Kendal yang sedianya hanya mendapat alokasi bantuan untuk 400 unit rumah tidak layak huni (RTLH), akhirnya bertambah 600, sehingga total menjadi 1.000 unit, di manaa setiap rumah nantinya mendapatkan bantuan Rp 20 juta.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kendal, Noor Fauzie mengatakan, kepastian bantuan itu setelah pihaknya mendampingi Bupati Kendal bertemu dengan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

Bantuan ini akan mengurangi angka Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Kendal. Saat ini jumlahnya lebih dari 39 ribu unit RTLH yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kendal.

“Kami menunggu petunjuk teknis dari Kementerian PUPR. Pendataan juga mulai dilakukan untuk data sebagai calon daftar penerima BSPS nantiya,” katanya, Selasa, kemarin.

Noor Fauzi mengungkapkan, untuk bantuan BSPS tahun ini Kendal mendapatkan alokasi sebanyak 400 unit RTLH atau sebesar Rp 8 miliar. Bantuan tersebut saat ini sudah mulai direalisaikan di beberapa kecamatan. “Yakni Patean, Plantungan, Pageruyung, Boja, Singorojo, Gemuh dan Weleri,” ungkapnya.