75 Persen SD Masih Butuh Revitalisasi

by
TATAP MUKA - Sejumlah siswa SD tengah melangsungkan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

*Disdikbud Gelontorkan Rp 28,384 M untuk SD SMP

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang bakal merevitalisasi 41 sekolah di wilayahnya pada 2021. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdikbud Batang, Yuliyanto merinci, angka itu terdiri atas 27 Sekolah Dasar (SD) dan 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk SD, total dana revitalisasi sekolah mencapai Rp 13,539 miliar. Perbaikan untuk kategori kerusakan minimal sedang dan perabotannya,” ujar Yula]ianto, Rabu (14/4/2021).

Dana itu, lanjut Yulianto, untuk merehabilitasi ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, toilet dan ruang perpustakaan.

Sedangkan untuk SMP, butuh Rp 14,845 miliar untuk merevitalisask 14 sekolah. Dana itu untuk merehabilitasi ruang kelas, ruang perpustakaan, lab IPA, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, toilet, lab komputer, pengadaan peralatan lab IPA, dan pengadaan peralatan TIK.

“Lalu ada juga revitalisasi untuk PAUD sebesar Rp 1,135 miliar, dan SKB Rp 1,033 miliar,” tambahnya.

Yuli menuturkan, saat ini baru 60 persen dari 51 SMP yang menjalani revitalisasi. “SD yang perlu banyak perhatian, karena baru sekitar 25 persen dari 451 sekolah dasar negeri di Batang yang direvitalisasi. Masih kurang banyak,” jelasnya. (fel)