Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Tetap Jalan

by
KETERANGAN - Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando RAD Bonay memberikan keterangan pada wartawan terkait pelaksanaan vaksibasi Covi-19 saat Ramadan.

*Fokus ke Lansia dan Pelayan Publik

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal memastikan momentum Bulan Suci Ramadan tak menjadi halangan bagi pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Saat ini, program pemerintah pusat tersebut masih fokus menyasar kelompok lanjut usia (lansia) serta pelayan publik.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando RAD Bonay, saat menjawab pertanyan awak media soal program vaksinasi selama bulan Ramadan, Selasa (13/4/2021). Dia mengatakan, pihaknya telah memberi arahan kepada puskesmas dalam kegiatan vaksinasi selama Ramadan.

Adapun teknis pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan pada pagi hari pukul 7.00 sampai 11.00 siang atau malam hari setelah shalat tarawih. Pasalnya, orang yang akan divaksin dipastikan kondisi tubuhnya sehat dan fit. “Selain itu jangan sampai mengganggu kegiatan ibadah salat tarawih, sehingga bisa dilakukan setelah salat tarawih,” katanya,

Feri mengungkapkan, sesuai target dari pemerintah, untuk jumlah total sasaran yang harus divaksin di Kabupaten Kendal sebanyak 135 ribu orang. Sampai saat ini yang sudah divaksin sebanyak 26.188 orang atau sekitar 19 persen dari jumlah total sasaran. ” Khusus untuk kelompok lansia, total sebanyak 77.000 orang. Namun hingga saat ini yang sudah divaksin baru sekitar 12.000 orang lansia,” ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Feri, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia tidak ada kendala. Terlebih, karena vaksinasi dilaksanakan dengan sistem jemput bola supaya lebih dekat dengan sasaran, seperti di balai desa, halaman tempat ibadah atau tempat lainnya. Untuk itu, setiap puskesmas telah menyiapkan dua tim petugas vaksinasi. “Yakni satu tim untuk pelayanan vaksinasi di puskesmas dan satu tim lagi untuk melakukan pelayanan vaksinasi di luar puskesmas,”pungkasnya. (lid)