Lomba Aeromodelling Sumbersari Bakal jadi Ikon Wisata

by
MEMBUKA ACARA - Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka lomba pesawat terbang aeromodelling tingkat Jawa Tengah yang digelar di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel.

KENDAL – Lomba pesawat terbang aeromodelling tingkat Jawa Tengah yang digelar Komunitas Aeromodelling Jateng di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel, Minggu (11/4/2021), mendapatkan apresiasi dari Bupati Kendal. Meski perdana, lomba ini direspon antusias, tercatat ada 40 peserta dari 9 kabupaten/kota se Jateng yang ikut ambil bagian.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto mengatakan, lomba aeromodelling di Desa Sumbersari nantinya akan dijadikan ikon Desa Wisata Aeromodelling. Mengingat lokasinya yang strategis, dekat dengan pintu tol Pegandon Kendal, juga dikelilingi area persawahan yang luas. Selain itu juga dekat dengan Ponpes Al-Ma’wa yang para santrinya diajari membuat pesawat aeromodelling. Pihak Ponpes juga akan membuat showroom pesawat aeromodelling.

“Kami akan bekerja sama dengan dinas terkait dan desa untuk menjadikan Desa Wisata Aeromodelling,” katanya saat membuka lomba pesawat terbang aeromodelling tingkat Jawa Tengah tersebut. Salah satu peserta adalah pesawat aeromodelling karya santri Ponpes Al-Ma’wa Desa Sumbersari Ngampel.

Lomba pesawat terbang aeromodelling merupakan cabang olahraga dengan sarana replika pesawat terbang. Tak hanya pesawat terbang, namun juga ada miniatur parasut. Bahkan saat ini para santri sudah menyelesaikan 20 pesawat pesanan dari beberapa pejabat, antara lain Wakil Gubernur Jateng, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, dan Bupati Kendal serta beberapa komunitas aeromodelling.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya agar terwujud Desa Wisata Aeromodelling. Hal ini sesuai dengan program Bupati Kendal yang ingin menjadikan Kendal sebagai Kota Wisata dan Industri.