Unik, Penjual Papeda Berdanda Ala Mbak Kunti

by
BERPENAMPILAN KUNTILANAK: Lia berjualan papeda dengan penampilan seperti kuntilanak.

KARANGDADAP – Selama pandemi Covid-19, banyak kreativitas muncul agar dagangan tak sepi. Salah satunya dilakukan penjual papeda dari Desa Jrebengkembang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan bernama Lia Afidah (30). Lia memiliki cara unik agar barang jualannya laku. Ia berpenampilan seperti hantu kuntilanak.

Sebelum pandemi, Lia juga berjualan dengan cara unik, yakni mengenakan seragam sekolah. Akibat pandemi, pelajar yang merupakan segmen pasarnya banyak yang tidak berangkat ke sekolah. Oleh karena itu, istri dari Nur Khayak (36) ini sekarang berjualan dengan berpenampilan bak hantu kuntilanak.

Lia menggunakan pakaian berwarna putih dengan rambut palsunya yang pajang. Ia bermake-up layaknya kuntilanak dengan maksud untuk menarik perhatian para pembeli.

Lia menceritakan sebelumnya dirinya berjualan menggunakan kostum seragam sekolah. Karena adanya corona, sekolah tutup dan tak ada anak ke sekolah. Sehingga, ibu dua anak ini memutar otak agar jualannya tetap ramai. “Saya menggunakan kostum kuntilanak ini iseng-iseng saja. Biasanya pakai seragam sekolah saat mau jualan. Karena sekolah libur sudah lebih dari 1 tahun akhirnya pakai pakaian kuntilanak,” kata dia, kemarin.

Ia membuat kostum kuntilanak itu dari mukena yang sudah tak terpakai. Saat disinggung mengenai respon warga mengenai kostum yang dipakai?. Ia mengatakan awalnya warga pada kaget tapi sekarang sudah biasa. “Respon dari warga awalnya pada kaget dikira nakut-nakutin, terus ada yang bilang nek pakai pakaian seperti itu tidak ada yang jajan. Tapi tidak tahu kenapa malah ramai pembeli untuk jajan,” ungkap dia.