Duh, Populasi Ikan Air Tawar di Batang Menurun

by
TEBAR - Dislutkanak Batang saat menebar benih ikan untuk meningkatkan populasi ikan air tawar.

*Lima Ribu Benih Ikan Ditebar

BATANG – Jumlah populasi ikan air tawar di Kabupaten Batang mengalami penurunan. Untuk itu, Pemkab Batang melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) menebar lima ribu benih ikan di Bendungan Kedungdowo Kramat, Jumat (9/4/2021). Penebaran ini dilakukan sebagai upaya menambah populasi ikan air tawar.

“Populasi ikan air tawar di Kabupaten akhir-akhir ini mengalami penurunan, itu kami mendapat laporan dari komunitas pemancing secara rutin, mereka sulit mendapatkan ikan. Untuk itu, kami melakukan tebar benih ikan agar menambah stok dan populasi serta meningkatkan produktivitas sungai,” tutur Kabid Perikanan Budidaya Dislutkanak Batang, Marwati.

Dikatakannya, penurunan tersebut akibat dari adanya pencemaran sungai, penambangan ilegal serta penangkapan ikan menggunakan racun dan strum. “Jadi itu yang membuat kerusakan ekosistem, sehingga produktivitas sungai mengalami penurunan, atau ikan mati masal,” ujarnya.

Tidak hanya di Bendungan Kedungdowo Kramat, ke depan pihaknya juga akan melakukan penebaran benih ikan di beberapa kecamatan di antaranya Kecamatan Bawang, Tersono, Tulis dan Gringsing. Marwati pun mengimbau agar masyarakat ikut melestarikan dan menjaga ekosistem sungai agar hasil yang didapat juga maksimal.

“Untuk ikan yang ditebar yaitu benih ikan nila dan ikan emas, dengan penebaran benih masyarakat diuntungkan dan bisa dipanen dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan.Jika sama-sama menjaga pasti hasilnya juga akan maksimal, jangan menangkap ikan menggunakan racun atau strum bisa membuat ikan mati masal, dan pancing ikan yang besar saja,” pungkasnya. (nov)