Unik, Dokter RSUD Kunjungi Pasienya untuk Berikan Pelayanan Medis

by
Bupati Batang bersama dokter spesialis bedah syaraf RSUD Batang mendatangi kediaman pasien yang mengalami TBC tulang.

BATANG – Ada yang berbeda dari pelayanan yang diberikan oleh dokter dan tenaga medis di RSUD Kalisari Batang dalam menyambut HUT Kabupaten Batang ke-55. Jika selama ini warga atau pasien yang datang ke rumah sakit, maka kali ini dokterlah yang datang ke rumah pasien.

“Pada momen HUT Kabupaten Batang, RSUD Kalisari membuat terobosan dengan membalik kebiasaan yang selama ini ada. Yaitu dokter dan petugas medis lah yang datang ke rumah pasien,” ujar Bupati Batang, Wihaji disela-sela tilik warga dan sekaligus pemeriksaan pasien oleh dokter spesialis bedah syaraf RSUD Kalisari di rumah warga yang ada di Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, Jumat (09/04/2021).

Bupati Wihaji didampingi Plt. Direktur RSUD Batang, dr. Tri Handoko menjelaskan, untuk khusus hari Jumat ini ada empat pasien yang didatangi oleh dokter spesialis. Mereka adalah pasien dari dokter spesialis bedah syaraf dan juga anak. Pasien yang dikunjungi sendiri merupakan warga kurang mampu, sehingga selain menjalani pemeriksaan, mereka juga mendapat bantuan.

“Dengan adanya kunjungan dokter ini, maka akan terbangun suasana kebatinan yang erat antara dokter dengan pasien. Pasien akan tenang dalam mendapat pelayanan medis, dan dokter sendiri juga akan mengetahui kondisi ekonomi dan kehidupan pasiennya sehari-hari,” jelas Bupati.

Seperti saat mengunjungi pasien di Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, dokter bedah Syaraf, dr Kamal bisa melihat secara langsung kondisi kehidupan pasiennya tersebut. Salah satunya kesulitan ekonomi akibat suami dari pasien yang tidak bekerja, sehingga untuk berobat ke RSUD Kalisari saja mereka kesulitan.

“Tadi kita lihat sendiri, ibu pasien bedah Syaraf ini jika akan kontrol atau berobat ke RSUD, dengan diantar suaminya harus berangkat dari rumah jam 03.00 wib agar tidak kehabisan jatah periksa. Selain itu, sang suami juga harus pinjam motor tetangga, karena tidak punya uang dan juga kendaraan. Kondisi sepertinya inilah yang sering kali luput dari perhatian dokter ataupun kita semua,” beber Wihaji.

Karena itulah, selain memberikan pemeriksaan medis atau home visit, pihak RSUD Kalisari juga memberikan bantuan untuk keluarga pasien. Tidak ketinggalan, Bupati Wihaji juga memberikan bantuan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-sehari keluarga tersebut.

Plt Direkrur RSUD Kalisari Batang dr Handoko mengatakan, pelayanan home visit ini sebagai bentuk dharma bhakti jajaran Pemkab Batang dan RSUD ke Masyarakat Kabupaten Batang.

“Dokter di RSUD berusaha memberikan layanan maksimal, semoga animo masyarakat yang berobat di RSUD semakin besar. Dan dalam rangka HUT Batang di bulan April 2021 ini hampir setiap hari dokter RSUD lakukan home visit,” katanya.

Tri Handoko menambahkan, home visit oleh dokter dan tenaga medis RSUD sudah dilakukan enam putaran. Pertama dr spesalis Ortopedi, spesalis Jiwa, spesalis dalam, syaraf dan dokte spealis anak. “Nantinya semua dokter yang ada di RSUD Batang juga akan melakukan home visit,” tandasnya.

Sementara, Dr Kamal Sp OT mengataakan, dalam home visit pasien atas nama Ngateni warga Desa Sawangan Kecamatan Gringsing menderita tbc tulang dan sudah dioperasi dan diobati.

“Awalnya pasien datang ke rumah sakit sangat sulit berjalan, Alhamdulilah atas pertolongan Allah pasien sudah dioperasi satu bulan yang lalu dan saat ini sudah bisa berjalan,” pungkas dr Kamal. (don)