Propam Sidak Kepemilikan Senpi ke Polsek

by
CEK - Sipropam Polres Pekalongan melakukan pemeriksaan surat pemegang sekaligus senjata api di Polsek Polsek.

KAJEN – Seksi Profesi Pengamanan (Propam) Polres Pekalongan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) senjata api (Senpi) ke Polsek-polsek, Rabu (07/04/2021). Pada Sidak, Proram tak hanya memeriksa surat pemegang senjata api, Propam juga melakukan pemeriksaan sikap tampang, kedisiplinan, dan patuh Protokol kesehatan Covid-19. Sidak kegiatan Penegakkan Ketertiban Disiplin (Gaktibplin) di Polsek jajaran Polres Pekalongan ini sesuai dengan perintah Kapolres Pekalongan AKBP Darno. Adapun sasaran yang diperiksa mulai dari kelengkapan seragam Polri (Gampol) hingga ujung rambut serta surat-surat kendaraan, KTP dan Senjata Api.

Kasubbag Humas AKP Akrom membenarkan hal itu. Kata dia, kegiatan Gaktiplin terhadap anggota Polri dilakukan di Polsek jajaran. Pemeriksaan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek sikap tampang dan surat ijin pemegang senjata api di anggota.

“Sengaja kegiatan Gaktiblin dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, ini ditujukan untuk disiplin anggota terkait Prokes Covid-19 dan menjaga performa diri. Sedangkan pemeriksaan surat pemegang senjata api untuk menghindari hal hal tak diinginkan,” kata Kasubbag Humas.

Ditegaskan, sebagai anggota Polri harus membiasakan diri beraktifitas sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Terutama mengunakan masker saat beraktifitas. Karena ini untuk memberikan contoh baik bagi masyarakat, serta untuk menunjukkan perilaku yang baik di tubuh Polri.

“Sebelum menertibkan masyarakat dalam menggunakan masker, maka kita tertibkan terlebih dahulu personil maupun ASN Polri. Kemudian anggota yang tidak rapih, atau bahkan tidak disiplin dalam mengenakan pakaian dinas nantinya akan mendapatkan sanksi,” tambahnya.

Kasubbag Humas berharap, nantinya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kepada semua anggota jajaran Polres Pekalongan agar selalu disiplin dalam segala hal dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, pungkasnya.
“Untuk protokol kesehatan yakni, 5M memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas juga wajib diterapkan, ” tandasnya.(yon)