Inspiratif, Babinsa Kodim Pekalongan Sukses Ternak Kelinci

by
TERNAK KELINCI - Anggota Babinsa Koramil 19/Pekalongan Utara, Serka Eko Winaryo sedang melakukan perawatan rutin terhadap kelinci ternaknya, kemarin.

KOTA – Ketekunan seorang Babinsa dari Koramil 19/Pekalongan Utara Kodim 0710/Pekalongan yang bernama Serka Eko Winaryo patut menjadi contoh dan menginspirasi kita semua.

Pasalnya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, dirinya sebagai anggota TNI telah berhasil dan sukses beternak kelinci jenis kelinci New Zealand (NZ), meski dengan segala keterbatasan. Kelinci jenis ini dikenal sebagai kelinci hias sekaligus juga biasa dijadikan kelinci pedaging karena ukuran tubuhnya yang relatif besar.

Ditemui di kandang ternaknya yang berlokasi di Gang Widoro, Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, kemarin (6/4/2021), Serka Eko menuturkan dirinya saat ini memiliki kelinci dewasa sejumlah 90 ekor dan 26 ekor kelinci anakan. Kandang untuk ternak kelinci tersebut berukuran kurang lebih 6 meter x 8 meter.

Serka Eko menuturkan dirinya mulai beternak kelinci sudah kurang lebih 1 tahun yang lalu saat pandemi covid-19 baru mulai masuk ke Indonesia. Dengan berbekal pengalaman dari teman peternak, akhirnya dirinya ikut mencoba hingga sukses seperti sekarang ini.

“Awalnya ternak sapi tapi gagal, akhirnya saya memilih ternak kelinci ini karena perawatan lebih mudah dan tidak menyita waktu saya dalam berdinas,” ungkapnya.

Ditambahkan Serka Eko, untuk pemasaran atau penjualan kelincinya tersebut dirinya memanfaatkan media sosial. Pelanggan atau peminat kelincinya itu berasal dari wilayah Pekalongan, Pemalang, Batang, dan sekitarnya.