Duh, Banyak Rumah Ibadah Belum Kantongi IMB

by
HADIRI - Bupati Dico M Ganindito hadiri acara silaturahmi dengan pengelola lembaga keagamaan dan sekaligus sosialisasi percepatan IMB rumah ibadah, yang digelar Bagian Kesra Setda Kendal.

KENDAL – Jumlah rumah ibadah di Kabupaten Kendal yang telah mengantongi dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ternyata masih sangat minim. Sebagian besar justru belum memiliki.

“Harus ada langkah strategis untuk mendorong pengelola rumah ibadah agar segera mengurus IMB dalam upaya mengantisipasi terjadinya konfiik sosial dalam mendirikan rumah ibadah,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat menghadiri acara silaturahmi dengan pengelola lembaga keagamaan dan sekaligus sosialisasi percepatan IMB rumah ibadah, yang digelar Bagian Kesra Setda Kendal, di Gedung Abdi Praja Pemkab Kendal, kemarin.

Acara diikuti 70 peserta dan mengahdirkan narasumber Sekda, Kepala DPMPTSP, Kepala DPUPR Kendal, Asisten Pemerintahan dan Kesra, serta Kepala BPN Kendal.

Dijelaskan, keberadaan rumah ibadah begitu penting tidakk hanya untuk ibadah, melainkan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk melakukan revolusi mental dan pembentukan karakter masyarakat yang religius. Untuk itu, Pemkab Kendal mendorong kepada seluruh pengelola rumah ibadah di Kendal, agar segera mengurus penertiban IMB demi tertib administrasi dan terhindar dari masalah di kemudian hari.

“Pemkab akan memberikan bimbingan, pendampingan dan kemudahan pelayanan dalam pengurusan IMB rumah ibadah. Karena jika tempat ibadah memiliki izin pastinya akan banyak fasilitas yang bisa ditingkatkan untuk tempat-tempat dibadah yang ada di Kendal,” ungkapnya.