Raih Skor Tertinggi, Ilhamudin Dilantik Jadi Sekdes Kwagean

by

WONOPRINGGO – Pemerintah Desa Kwagean menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa Jabatan Sekretaris Desa di GOR Serba Guna Desa Kwagean, Rabu (7/4/2021).

Kepala Desa Kwagean, Seto Bayu Aji mengatakan bahwa saudara M. Ilhamudin yang terpilih menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) karena memperoleh nilai tertinggi dalam proses seleksi.

Bayu juga menjelaskan bahwa sistem penjaringan jabatan sekdes sendiri menggunakan pihak ketiga dan dilakukan secara transparan.

“Penjaringan ini kita lakukan secara transparan dan terbuka, sehingga tidak ada istilah titipan dalam prosen penjaringan tersebut,” ujarnya.

Penjaringan sendiri ada 18 peserta dan yang lolos secara administrasi ada 16 peserta. Juga bekerjasama dengan pihak akademisi untuk penguji di Unikal.

“Dari 16 peserta yang mengikuti proses test seleksi dan pengujian, nilai tertinggi diraih oleh mas ilham,” jelasnya.

Bayu berharap kepada sekdes terpilih agar bisa lebih mengenal kondisi desanya. Paling tidak mengetahui batas wilayah desanya.

Sekdes juga bekerja di kantor desa, pastinya punya jam kerja dan tupoksi kerjanya harus dikerjakan dan mempelajari undang-undang pedesaan.

“Intinya kerja sebagai sekdes harus bisa menjadi contoh untuk masyarakatnya dan membantu kades. Jangan kerja seenaknya sendiri. Semoga bisa bekerja maksimal untuk masyarakat desanya,” harapnya.

Camat Wonopringgo, Tuti Haryati menambahkan dengan dilantiknya sekdes kwagean agar bisa membantu pemdes kwagean untuk lebih tertib administrasi, melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan juga membantu visi misi kepala desa.

“Bekerja diniati ibadah, yang baik, disiplin dan tidak menuntuk haknya saja tetapi tetapi harus melaksanakan kewajiban selaku perangkat desa sesuai tupoksi kerja sekdes,” pesannya.

Sementara itu, Sekdes Kwagean terpilih, M. Ilhamudin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan akan selalu bekerja dengan baik serta amanah.

Program kerja yang kedepan akan dilaksanakan yakni digitalisasi desa yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah masyarakat dalam mencari informasi yang ada didesa.

“Nantinya kalau digitalisasi desa sudah terlaksana dengan baik, masyarakat bisa dengan mudah mencari informasi, pengajuan dan pengadun bisa lewat aplikasi,” harapnya.

Ilham juga agar dibimbing untuk bisa menjalankan tugas sebagai sekdes dengan baik. “Saya juga masih baru dalam birokrasi desa, tentunya saya juga harus banyak belajar dan meminta bantuan kepada perangkat lain untuk bisa membantu kinerja dari kades,” tandasnya.