Sepekan, 14 Pengendara Tertangkap Tilang Elektronik

by
AKP Adis Dani Garta, Kasat Lantas Polres Batang

“Untuk sementara, dari beberapa kendaraan yang termonitor ETLE, belum ada yang kedapatan tidak mengenakan sabuk pengaman, mereka sudah berdisiplin menggunakan sabuk pengaman,” katanya.

Ia mengatakan, bagi pengendara yang terkena tilang ETLE akan mendapatkan surat tilang yang dikirim oleh petugas ke alamat yang teregister di pelat nomor kendaraan.

“Para pelanggar yang terkena tilang ETLE tersebut akan menerima surat konfirmasi, bahwa kendaraan yang dikenai tilang tersebut diminta untuk konfirmasi ke kantor Satlantas Polres Batang. Adapun jangka waktunya selama tujuh hari,” terangnya.

AKP Adis menuturkan, penerapan ETLE ini masih akan terus dilakukan evaluasi secara bertahap. Sejauh ini, kata dia, baru satu titik di simpang empat Jalan Jenderal Sudirman yang terpasang kamera CCTV.

“Titik ETLE baru satu di Jenderal Sudirman. Namun kami berencana untuk menambah lagi. Saat ini kami masih melakukan kajian, untuk menentukan di persimpangan jalan mana yang perlu mendapat penambahan ETLE,” ujarnya.

Ditambahkan Adis, Satlantas Polres Batang baru memprioritaskan penerapan ETLE bagi kendaraan bermotor yang pelat nomornya beralamatkan di Kabupaten Batang saja. “Kami prioritaskan para pelanggar lalu lintas dari dalam Batang terlebih dahulu,” tukasnya. (fel)