Sepekan, 14 Pengendara Tertangkap Tilang Elektronik

by
AKP Adis Dani Garta, Kasat Lantas Polres Batang

*Didominasi Pengguna Jalan Tak Memakai Helm

BATANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang telah menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap pertama.

Menurut Kasat Lantas Polres Batang, AKP Adis Dani Garta, tercatat selama sepekan telah ada belasan pengguna kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas terekam kamera pengawas (CCTV).

“Minggu kemarin kita evaluasi, kurang lebih ada 14 pengendara yang terekam CCTV melanggar lalu lintas, dan sudah kami kirimi surat tilang berdasarkan alamat yang teregister di pelat nomornya,” kata Adis, Selasa (6/4/2021).

Adapun pelanggaran lalu lintas, kata Adis, didominasi oleh para pengendara sepeda motor yang tak mengenakan helm saat berada di jalan raya.

“Dari lima jenis pelanggaran yang kami incar, saat ini baru terdapat pengendara yang tak mengenakan helm saja yang berhasil terjepret tilang elektronik,” ucapnya.

Disebutkan Adis, lima pelanggaran yang diincar itu yakni pengendara yang bermain ponsel, pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman, pengendara tidak mengenakan helm, pengendara melanggar marka jalan, dan pengendara yang melebihi batas kecepatan.