Tingkatkan Daya Saing, Lulusan BLK Bakal Ikuti Kompetensi BNSP

by
PELATIHAN - Sejumlah peserta pelatihan BLK Disnaker saat mengerjakan apa yang diarahkan instrukturnya.

Batang – Tak cukup dengan bekal ketrampilan (soft skill), peserta pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang juga akan diikutsertakan dalam uji kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain menguatkan kompetensi peserta, uji kompetensi juga akan meningkatkan kepercayaan dunia usaha dan industri.

Kepala Disnaker Batang, Suprapto melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK, Elisiatul Muslimah mengatakan, dalam waktu dekat para peserta akan mengikuti uji kompetensi dari BNSP Provinsi Jawa Tengah.

“Skema ujian ditentukan berdasarkan skema dari BNSP Pusat. Jika mereka lulus akan memiliki sertifikat kompetensi nasional, selain dari BLK Disnaker,” ungkapnya, saat ditemui di BLK Disnaker Kabupaten Batang, baru-baru ini.

Menurut Elis, kepemilikan sertifikat BNSP ini penting, karena akan menjadi pertimbangan lebih perusahaan saat membuka kesempatan kerja. “Mereka harus siap bersaing di dunia kerja yang lebih luas, sekaligus persiapan menyambut adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) maupun yang ingin menjadi wirausaha,” jelasnya.

Beberapa pelatihan yang dibuka BLK, antara lain keterampilan menjahit pakaian wanita dewasa, membuat kue dan pengelolaan administrasi perkantoran.

Instruktur menjahit, Nanik Ismiati mengharapkan, saat mengikuti uji kompetensi para peserta dapat terekomendasi kompeten, sehingga mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan. “Mereka bisa mengimplementasikan di masyarakat baik berwiraswasta maupun yang ingin terjun dunia industri,” katanya.