Cantrang Kembali Dilegalkan

by
ASPIRASI - Ketua DPC HNSI Batang, Teguh Tarmujo, saat menyampaikan aspirasi dalam forum Musrenbangda di Aula Kantor Bupati, baru-baru ini.

**Permen Susi Dibatalkan Permen Edhy

BATANG – DPC HNSI Kabupaten Batang menyatakan, bahwa nelayan di wilayahnya seakan mendapat angin segar, dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri (Permen) No 59/2020 yang berisi tentang membolehkannya penggunaan sejumlah alat tangkap seperti cantrang.

Permen yang dikeluarkan oleh eks Menteri Kelautan Perikanan (KP) Edhy Prabowo itu melegalkan kapal cantrang, alat tangkap yang sebelumnya dilarang di era Menteri KP 2014-2019 Susi Pudjiastuti.

“Ya, sekarang telah terbit Permen nomor 59 tahun 2020 tentang legalitas cantrang, yang otomatis juga mencabut Permen nomor 71 tahun 2016 yang sebelumnya dikeluarkan oleh Bu Susi Pudjiastuti. Aturan baru ini tentu menjadi angin segar bagi sektor perikanan, khususnya nelayan,” ujar Ketua DPC HNSI Kabupaten Batang, Teguh Tarmujo, kemarin.

Diketahui, Permen KP Nomor 59/2020 tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Alat Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dan Laut Lepas ini telah disahkan pada 30 Nopember 2020.

Permen ini di antaranya mengatur tentang selektivitas dan kapasitas Alat Penangkapan Ikan (API), perubahan penggunaan alat bantuan penangkapan ikan, perluasan pengaturan, baik dari ukuran kapal maupun Daerah Penangkapan Ikan (DPI).

Lalu memperjelas penyajian pengaturan jalur untuk setiap ukuran kapal sesuai dengan kewenangan izin usaha penangkapan ikan, serta perubahan kodifikasi alat penangkapan ikan berdasarkan International Standard Statistical Classification of Fishing Gear (ISSCFG) FAO.