Jauhi Seks Pranikah

by
DUTA GENRE: Dinas PMD menyelenggarakan grand final Duta Genre Tahun 2021, kemarin.

**PMD Bentuk Duta GenRe

KAJEN – Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi progam Generasi Berencana (GenRe) di kalangan remaja, Dinas PMD P3K dan PPKB Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan pemilihan duta Genre Kabupaten Pekalongan tahun 2021, Senin (5/4/2021), di Aula Gedung PPNI Kabupaten Pekalongan.

Plt Kepala Dinas PMD P3K dan PPKB Kabupaten Pekalongan, Sri Yuliasih, mengatakan, progam genre ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada remaja agar menjadi generasi yang punya perencanaan kehidupan yang matang. Selain itu, untuk memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak.

Sri Yuliasih menerangkan, pada tahun 2020 di Kabupaten Pekalongan penduduk remajanya (usia 10 – 24 tahun) berjumlah 239.536 atau 24,72%. Artinya, jumlah cukup besar tersebut merupakan potensi yang memerlukan pengelolaan secara terencana, terstruktur dan sistematis agar dapat bermanfaat menjadi modal pembangunan ke depan.

Melalui ajang pemilihan Duta Genre 2021 pihaknya berharap agar dapat menjadi penggerak serta motivator para remaja. “Generasi Z (generasi yang lahir tahun 1997-2012) untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan penyalahgunaan narkoba serta hal-hal negatif lainnya,” ujar dia.

Seperti diberitakan, di tengah pandemi Covid-19, angka pernikahan dini di Kota Santri melonjak. Dalam tiga bulan saja di tahun 2021 ini sudah ada 145 permohonan dispensasi nikah muda di Pengadilan Agama Kabupaten Pekalongan. Mayoritas dispensasi ini diajukan pihak perempuan.