Empat Sekolah di Kota Pekalongan Gelar Uji Coba PTM

by
TATAP MUKA - SMPN 3 Pekalongan mulai melaksanakan uji coba PTM, Senin (5/4/2021). Selain SMP 3, sekolah di Kota Pekalongan yang mulai PTM yakni SMAN 1, SMKN 2, dan MAN 1 Pekalongan.

KOTA – Sebanyak empat sekolah di Kota Pekalongan menjadi pilot project untuk mulai melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (5/3/2021). Keempat sekolah tersebut yakni SMAN 1 Pekalongan, SMKN 2 Pekalongan, MAN 1 Pekalongan, dan SMPN 3 Pekalongan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Soeroso MPd mengatakan, mulai uji coba PTM di empat sekolah tersebut berdasarkan arahan dari Gubernur Jateng.

Soeroso menyatakan pihaknya bersama Pengawas Sekolah sudah melakukan pemantauan hari pertama pelaksanaan uji coba PTM di SMP 3 Pekalongan. Hasil pantauan, uji coba PTM berjalan lancar, semuanya sudah sesuai ketentuan, dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tadi hasil pantauan, uji coba PTM berjalan lancar. Sesuai ketentuan jumlah siswa per hari 70-110 siswa. Tadi di SMP 3 ada 96 siswa. Kelas yang PTM yakni kelas 7 dan 8,” ungkapnya.

Soeroso menuturkan, pembelajaran di kelas berlangsung satu shift, sampai pukul 10.00 dan per mata pelajaran hanya 30 menit. Selain itu, ada pengaturan jeda waktu kedatangan maupun kepulangan siswa antar kelas.

“Diberi jeda antara 5 sampai 10 menit agar tidak berbarengan. Kemudian, kantin juga tidak beroperasi, lalu tidak ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan siswa. Selain itu, ada persetujuan dari orang tua atau wali murid dan juga menyediakan ruangan untuk isolasi,” ungkapnya.