Kelurahan Menanam, Wawalkot: Ikhtiar Pemenuhan Ketahanan Pangan Saat Pandemi

by
BIBIT - Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin STP telah menyerahkan bibit pangan di Kecamatan Pekalongan Timur, kemarin.

Ia menambahkan bahwa umumnya masyarakat cenderung melakukan budidaya tanaman dengan metode konvensional seperti memanfaatkan botol plastik, bambu, gedebog pisang, ataupun Polybag sebab mudah dilakukan. Namun, media tanam seperti hidroponik juga menjadi salah satu alternatif untuk melakukan budidaya tanaman dipekarangan/halaman rumah.

“Untuk budidaya dengan menggunakan hidpronik ini baru anak-anak muda yang tertarik melakukan. Sebab umumnya masyarakat menganggap menanam dengan menggunakan metode hidroponik sulit dilakukan, harus membuat rak dan sebagainya, tetapi sebetulnya tidak. Metode hidpronik ini, Teknik penanamannya menggunakan media air, sehingga alat yang digunakan pun cukup sederhana. Salah satunya dengan hidroponik wick system dengan pemanfaatan botol bekas,” terangnya.

Lanjutnya, selain bibit tanaman yang akan disalurkan ke 27 kelurahan dalam program kelurahan menanam, pihaknya juga memberikan media tanam berupa satu set hidroponik, meliputi netpot, nutrisi hidroponik AB mix nya dan sebagainya. “Dalam pelaksanaannya kami akan memberikan pendampingan kepada kelurahan melalui penyuluh pertanian di empat kecamatan. Kami juga tekankan bahwa tidak hanya kegiatan menanam saja, namun juga membibit. Tidak lagi dari tanaman kemudian panen lalu habis, tetapi juga dapat dikonsumsi dan bisa menghasilkan bibit untuk ditanam kembali,” pungkasnya. (dur)