Kelurahan Menanam, Wawalkot: Ikhtiar Pemenuhan Ketahanan Pangan Saat Pandemi

by
BIBIT - Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin STP telah menyerahkan bibit pangan di Kecamatan Pekalongan Timur, kemarin.

Nur Sobah menyebutkan, Kecamatan Pekalongan Timur ikut memberikan bantuan bibit tanaman secara swadaya kepada 7 kelurahan yang ada di bawah naungannya diantaranya 900 bibit tanaman sayur cabai merah keriting dan cabai rawit, 70 bibit pohon sengon, 70 bibit pohon ketapang,7 bibit pohon mahoni dan 700 buah media tanam polibag.

“Baik itu mereka yang memiliki lahan yang sempit maupun luas. Dengan adanya kegiatan ini,kami ingin memberikan pengetahuan dan ilmu kepada kader-kader posyandu, Muslimat NU, Karang Taruna, FKSS untuk bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam. Disamping itu,ada bantuan bibit dari DLH berupa pohon mangga , pohon jambu air, pucuk merah dan bantuan pupuk, dan kami juga menerima bantuan bibit dari Dinperpa berupa 300 bibit tanaman sayuran yang akan kami bagikan di 7 kelurahan yang ada di wilayah kecamatan kami,masing-masing kelurahan mendapatkan 125 bibit tanaman cabai, 10 bibit pohon sengon, 1 bibit pohon ketapang, 1 bibit pohon mahoni, dan 100 lembar polibag,” terangnya.

Di tempat terpisah, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) menggelar pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik dan Konvensional bagi perwakilan kelurahan yang terdiri dari unsur Pokja PKK ataupun masyarakat.

Kegiatan dilakukan selama dua hari yakni 5-6 April 2020 berlangsung di Aula Balai Penyuluh Pertanian Dinperpa setempat.

“Tujuan kegiatan ini memang untuk menggerakan masyarakat dalam hal menanam sebagai tambahan sumber pangan keluarga serta dapat digunakan sebagai sumber penghasilan ekonomi keluarga. Selain itu melalui program ini diharapkan juga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan,” ungkap Kepala Bidang Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Dinperpa setempat, Ir Darsari Resti Artanti.