Kelurahan Menanam, Wawalkot: Ikhtiar Pemenuhan Ketahanan Pangan Saat Pandemi

by
BIBIT - Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin STP telah menyerahkan bibit pangan di Kecamatan Pekalongan Timur, kemarin.

KOTA – Dalam merealisasikan program 100 hari Wali Kota pada program Kelurahan Menanam,
Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin STP telah mendistribusikan bibit pangan di Kecamatan Pekalongan Timur, kemarin. “Program kelurahan menanam ini, salah satu tujuannya untuk mendorong masyarakat agar bisa lebih produktif dan mandiri dalam upaya menjaga ketahanan pangan keluarga di tengah masa pandemi,” ucapnya.

Karena merebaknya pandemi Covid-19 saat ini, sambung Salahudin, ternyata tidak hanya membawa masalah kesehatan bagi masyarakat tetapi juga telah berimplikasi luas. Seperti kelancaran distribusi pangan, terbatasnya akses fisik dan ekonomi terhadap pangan, dan lainnya yang dapat mengganggu ketahanan pangan individu, keluarga, maupun nasional.

“Melalui program kelurahan menanam, nantinya banyak memanfaatkan lahan pekarangan ini, tentunya akan banyak manfaat yang didapat, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga saja, namun juga dapat mengurangi pengeluaran, bahkan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal,” tuturnya.

Tentu saja, sambung mantan ketua DPRD itu, program kelurahan menanam menjadi salah satu program yang sangat strategis. Karena program ini tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga, terlebih pada kondisi pandemi Covid-19.

Senada disampaikan Camat Pekalongan Timur Nur Sobah SSos MM. Ia menyampaikan, pihaknya terus mensosialisasikan kepada warga sebagai bentuk komitmen untuk ikut serta mensukseskan program kelurahan menanam. “Dengan harapan ketersediaan bantuan bibit tanaman yang dibagikan akan semakin menumbuhkan rasa ingin menanam di masing-masing pekarangan milik warga yang ada,” bebernya.