BKP Jamin Harga Beras Stabil Sampai Lebaran

by
CEK PENYERAPAN - Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi saat mengecek langsung penyerapan gabah oleh PT Pertani di tingkat petani.

*Produksi Gabah Berpotensi Surplus 12,5 Ton

KENDAL – Saat ini produksi gabah di Indonesia melimpah. Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) bahkan memprediksi adanya surplus hingga 12,5 juta ton pada akhir Mei mendatang dan harus diamankan. Sedangkan kebutuhan gabah perbulannya mencapai 2,5 juta ton.

BKP optimis kebutuhan gabah nasional cukup hingga lebaran dan bahkan akhir tahun nanti.
Mereka juga memastikan tidak ada kenaikan harga gabah atau beras sampai lebaran mendatang.

“Bahkan kebutuhan gabah sampai akhir tahun juga aman. Kita jamin dari distribusi dan cadangan pangan. Sampai lebaran tidak ada kenaikan, produksi melimpah,” kata Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi, saat mengecek langsung penyerapan gabah oleh PT Pertani di tingkat petani, Senin (5/4/2021).

Agung mengungkapkan, BKP Kementan juga memastikan harga jual gabah kering di tingkat petani terserap dengan harga Rp 4.300 per kilogram di atas harga pokok penjualan (HPP) yang telah ditentukan. Pihaknya menargetkan penyerapan gabah hingga Mei mendatang mencapai 300 ribu ton seluruh Indonesia, sehingga terwujud kestabilan harga gabah.

“Serapan gabah yang dilakukan tidak hanya sekadar membeli gabah. Tapi juga memastikan petani padi bisa menjual gabah kering panennya sebesar Rp 4.300 per kilogram,” terangnya.