Hari Pertama PTM, Para Siswa Masih Canggung Belum Banyak yang Kenal

by
BERANGKAT SEKOLAH - Pelajar kelas X SMAN 1 Kedungwuni mengikuti uji coba PTM, kemarin.

KEDUNGWUNI – Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) dilaksanakan di empat sekolah di Kabupaten Pekalongan sejak Senin (5/4/2021) kemarin hingga Jumat (16/4/2021). Empat sekolah yang ditunjuk Pemprov Jateng ini masing-masing SMAN 1 Keduwngwuni, MAN Pekalongan, SMPN 1 Petungkriyono, dan SMKN Sragi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, meskipun masih taraf uji coba, pembelajaran tatap muka disambut bahagia para pelajar. Pasalnya, mereka sudah lama tak mengenakan seragam sekolah untuk aktivitas PTM sejak pandemi melanda negeri ini. Bahkan, untuk siswa kelas X sebagian besar dari mereka tak mengenal teman-teman sekelas, dan belum familiar dengan guru dan lingkungan sekolah.

M. Faiz Abdillah Addafa (16), siswa kelas X SMAN 1 Kedungwuni, kemarin, mengaku sangat senang sekali bisa mengikuti pembelajaran tatap muka. Karena ia sudah 1 tahun lebih tidak tatap muka. Ia menceritakan, awalnya canggung saat berangkat sekolah, karena belum pada kenal dengan teman-temannya.

“Sekarang melihat sekolah rasanya fresh banget dan bisa kenal dengan teman yang lain. Sempat kaget saat tatap muka karena harus bangun pagi, saat daring bangunnya siang terus,” ujarnya.

Luapan kegembiraan juga diutarakan Paxia Zsifva Shine’lla (16), murid kelas X IPA SMAN 1 Keduwngwuni. “Rasanya senang banget bisa mengikuti PTM kembali, soalnya lama tidak berangkat sekolah dan hari ini mulai berangkat sekolah lagi,” kata Paxia.

Menurutnya, momentum seperti ini yang ditunggu-tunggu sejak dulu.

“Ini yang saya tunggu-tunggu, belajar melalui tatap muka,” ujarnya.